Penulisan artikel ilmiah bukan sesuatu yang asing bagi seorang mahasiswa maupun dosen. Namun, menghasilkan artikel ilmiah yang layak tayang di jurnal ilmiah itu baru luar biasa. Hal ini tidaklah mudah seperti membalikkan tangan. Menerbitkan artikel di jurnal ilmiah memerlukan keterampilan menulis yang baik, dan itu hanya akan tercapai melalui latihan. Inilah yang menjadi alasan utama diadakannya “Penyamaan Persepsi Penulisan Artikel Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo”, Senin, 5 Oktober 2020 di ruang rapat PBSI dan melalui Ruang Zoom Meeting.
Sasaran utama dari kegiatan ini adalah meningkatkan jumlah artikel dan tulisan ilmiah yang terpublikasi pada jurnal ilmiah. Harapannya dari kegiatan ini dapat meningkatkan produktivitas mahasiswa dalam membuat artikel, tulisan ilmiah yang terpublikasi, yang nantinya akan memberikan satu nilai tambah bagi program studi untuk menuju program studi yang unggul, ujar Dra. Titik Sudiatmi, M.Pd. ketika memberikan sambutannya pada kegiatan tersebut. Selain itu, pria berkacamata ini juga berharap dengan makin terbiasanya mahasiswa menulis artiket ilmiah terpublikasi, maka sudah otomatis juga akan membawa nama baik bagi dosennya, program studinya, dan sampai pada perguruan tinggi yang menaunginya.
Dekan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Univet Bantara Sukoharjo, Drs. Toni Harsan, M.H. mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini, apalagi di tengah-tengah masa seperti ini. Ke depannya nanti, kalau perlu setiap aktivitas mahasiswa dapat diolah oleh bapak/ ibu dosen untuk menjadi sebuah karya. Boleh seorang dosen memberdayakan mahasiswanya,untuk menghasilkan produk bagi kemajuan dosen pembimbingnya, program studinya,ataupun perguruan tingginya. Semua sumber daya yang ada, untuk bisa dioptimakan agar berdaya manfaat yang tinggi.
Adapun, narasumber utama dalam kegiatan ini adalah Drs. Benedictus Sudiyana, M.Pd, selaku pengelola artikel jurnal program studi. Beliau memetakan jurnal yang belum terakreditasi maupun yang sudah terakreditasi, dengan harapan untuk mengoptimalkan jurnal yang ada di program studi. Kemudian beliau juga menyampaikan esensi isi dari artikel yang akan dikirim ke jurnal ilmiah. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi rancangan tata tulis dan aturan artikel jurnal sebagai bahan penyamaan persepsi pada kegiatan hari ini. Akhir kegiatan, ditutup dengan penyerahan draf pedoman penulisan artikel ilmiah di lingkungan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia oleh nara sumber kepada tim panitia pengelola program studi untuk bisa diterbitkan dan dapat digunakan untuk mahasiwa dan bapak/ ibu dosen.