Sukoharjo 09/06/2021. Web Seminar (Webinar) nasional dan call for paper dengan tema membangun generasi muda milenial menyongsong merdeka belajar kampus merdeka digelar Program Studi (prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo.

Kegiatan yang digelar secara zoom meeting ditengah pandemi Covid-19 ini, diluar dugaan mendapat apresiasi tinggi dengan banyaknya peserta. Tercatat 114 peserta berasal dari guru, dosen, mahasiswa, pemerhati bahasa dan sastra Indonesia mengikuti acara dari tempat masing-masing.

Dekan FKIP Univet Bantara Toni Harsan melalui sekretaris panitia Muhlis Fajar menjelaskan, webinar nasional kali ini merupakan kegiatan kuliah kerja lapangan (KKL) mahasiswa. Tujuannya memberikan ketrampilan, wawasan, dan kompetensi sesuai bidang studinya.

“Sebelum pandemi, KKL dilaksanakan dengan kegiatan kunjungan ke instansi-instansi yang terkait dengan bidang studi, seperti ke Balai Bahasa di Jogya, Balai Bahasa di Jawa Tengah, terus ke stasiun televisi, serta juga menggandeng universitas-universitas yang memiliki prodi PBSI,” terangnya, Senin (7/6/2021).

Mengingat tahun ini masih pandemi, maka kegiatan kunjungan lapangan ditiadakan. Sebagai gantinya, kegiatan KKL dikemas dengan seminar virtual atau webinar dengan sistem penilaian masih sama seperti kegiatan KKL sebelum ada pandemi. Sedangkan pelaksanaan berlangsung 3 hari.

“Kami kemas dari Senin ini, sampai Rabu. Untuk penyampaian materi, kami menggandeng Balai Bahasa Provinsi Jateng, kemudian ada dari perusahaan media dari Kota Solo, penerbit buku dari Solo, UNY, dan satu lagi dari Jatim Universitas Islam Darul Ulum Lamongan,” paparnya.

Dijelaskan, dalam webinar KKL ini merupakan kegiatan wajib diikuti oleh mahasiswa Prodi PBSI FKIP Univet Bantara semester VI. Meskipun begitu ada juga peserta lain diluar mahasiswa KKL. Seperti kali ini juga ada peserta dari Universitas PGRI Madiun Jatim, UIN Raden Mas Said dan beberapa lainnya yang ikut bergabung.

“Untuk luaran (peserta diluar mahasiswa KKL) nanti, kami menargetkan e-Sertifikat 32 jam. Bagi peserta yang berprofesi guru, ini ada nilainya untuk kenaikan pangkat atau golongan. Terus ada e-Prosiding (kumpulan dari paper akademis yang dipublikasikan dalam suatu acara seminar akademis) bagi peserta pemakalah. Ini merupakan fasilitas kegiatan,” ujar Muhlis.

Ditambahkan, selama 3 hari kegiatan, panitia menyelenggarakan webinar secara live melalui zoom meeting mulai pukul 09.00 WIB hingga maksimal selesai pukul 12.00 WIB. Selepas webinar, peserta khususnya mahasiswa KKL diminta mengerjakan tugas terstruktur, atau tugas mandiri.

“Tugas mandiri itu diantaranya menyusun laporan KKL dimana isi laporannya sudah harus mulai dikerjakan dari sekarang. Karena pemateri-pematerinya kan juga banyak, sehingga ketika kegiatan webinar ini selesai, tugas mandirinya juga selesai dan akan dinilai,” pungkasnya. (NNG)

Relasi Publik, Sukoharjo

Prodi PBSI Univet Bantara Gelar Seminar Nasional Daring Di Tengah Pandemi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *